Terdapat beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam cara ternak lovebird dan cara membudidayakan nya, hal tersebut bertujuan agar kita mengalami sedikit resiko kegagalan pada saat beternak burung lovebird tersebut. Secara umum burung lovebird memiliki sebuah paruh yang besar serta ekor yang pendek, juga memiliki perpaduan warna bulu-bulu yang cantik. Burung tersebut memiliki ukuran tinggi sekitar tigabelas hingga tujuhbelas centimeter dengan berat tubuhnya sekitar empatpuluh hingga enampuluh gram. Dan di Indonesia terdapat beberapa jenis burung lovebird seperti lovebird mawar, lovebird leher kuning, dan fisher lovebird.

1 Cara ternak lovebird dan cara membudidayakan nya 2017

Untuk dapat membudidayakan nya dengan cara ternak lovebird yang benar dapat memperhatikan beberapa cara seperti di bawah ini

  • Pejantan atau betina ?
    Cara ternak lovebird dan cara membudidayakan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit lovebird pejantan dan betina, memang tergolong hal yang sulit dalam membedakan pejantan dan betina dari burung tersebut. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti meraba tulang supit, jika keberadaan tulang tersebut terasa renggang dan juga lentur maka burung tersebut adalah betina. Namun jika keberadaan jarak tulang supit terasa sempit dan keras, maka jenis kelamin burung tersebut biasanya adalah pejantan.

  • Usia Burung Lovebird
Baca Juga  Panduan Cara Mudah Budidaya Gaharu Dengan Baik

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah memperhatikan usia untuk bereproduksi, secara umum burung lovebird dapat bertelur saat sudah berusia delapan bulan. Namun hal tersebut bukanlah menjadi patokan, karena usia yang baik dan siap untuk dapat bereproduksi pada burung tersebut adalah ketika burung sudah menginjak umur satu tahun.

  • proses perjodohan

Hal ketiga yang harus dilakukan dalam cara ternak lovebird yaitu melakukan proses perjodohan, hal tersebut juga terolong penting namun sulit karena burung jenis ini hanya akan kawin dengan satu pasangan nya saja. Dan jika pasangan burung tersebut tidak cocok maka tidak akan mungkin dapat bereproduksi.

Jika telah berhasil pada proses perkawinan burung tersebut, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah proses bertelur dan pengeraman. Tentu jika kedua burung telah berhasil kawin maka betina nya akan bertelur, maka dari itu kita harus menyediakan sebuah glodok/sarang buatan untuk tempat bertelur hingga proses pengeraman mereka nantinya. Kita dapat membuatnya terlihat seperti alami dengan menggunakan tangkai daun kering, ranting-ranting kecil kering, atau serat-serat tanaman lain nya yang telah mengering.

  • Proses penetasan
    Cara ternak lovebird dan cara membudidayakan nya
Baca Juga  Cara Menanam Sendiri Daun Prei di Rumah

Hal ke-empat yang harus diperhatikan adalah proses penetasan,lovebird biasanya mengerami telur mereka hingga sekitar 23 hari lamanya dan setelah itu barulah menetas. Untuk hal ini sebaiknya kita jangan ikut campur, dan biarkan induk burung yang membantu dalam proses tersebut. Karena jika dengan bantuan manusia, biasanya anak burung tersebut akan cacat atau tumbuh tidak normal pada nantinya. Dan setelah sekitar 14 hari dari masa penetasan, pisahkan anak-anak lovebird tersebut dari induknya. Hal tersebut bertujuan agar induk dapat meningkatkan produktifitas nya dengan baik, dan anak-anak burung tersebut dapat lebih jinak terhadap manusia.

  • Namun, ingat juga cara ternak lovebird dibawah ini juga

Tempatkan anak-anak burung tesebut di sebuah kotak yang telah di berikan alas seperti kain atau handuk, berikan juga penerangan dengan lampu pijar 5watt untuk menjaga suhu kehangatan. Anak-anak burung tersebut dapat diberi makan oleh bubur bayi instant dengan jadwal yang teratur sekitar empat jam sekali. Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan tentang cara ternak lovebird yang dapat di ikuti dan di pejari kembali, semoga ulasan tersebut dapat menjadi sumber yang bermanfaat dan dapat membantu menambah pengetahuan bagi anda semuanya.

Baca Juga  Panduan Cara Mudah Budidaya Karet

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here