Cara Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Tidak ada komentar 199 views

Cara Mengajarkan Anak Menabung – Assalamualaikum gan-sis, mendidik anak kecil dalam hal menabung sebetulnya tidak terlalu sulit . Sebab mereka suka boros karena mereka belum paham betul tentang uang. Uang 15 rb aja di pake jajan anak langsung abis padahal 15rb bisa dapet beli ayam setengah kilo tuh lumayan kan buat masak di dapur sis 😀

Alasan lain mereka boros karena memang begitu mudah mereka mendapatkan uang karena tinggal minta ke orang tua, anak kecil kira uang itu dapet hasil nanem kali yak :v . Ok gan-sis disimak aja ya mudah mudahan membantu 🙂cara-mengajarkan-anak-menabung-sejak-dini

1. Perlakukan anak sebagai teman untuk sharing

Anak kecil pikirannya masih polos, belum banyak informasi yang masuk ke pikirannya apalagi hoax – hoax di sosmed yang banyak bejibun :v , intinya belum bisa memilih mana yang baik dan gak. Jadi kita selaku orang tua harus banyak mancing biar dia banyak cerita , misalnya bagaimana di sekolah atau sikap sikap temannya gmna, jika ada masalah tentunya kita akan mengasih solusi dengan solusi yang membuat dia merasa tenang seperti sharing sambil mengelus elus nya 🙂

2. Ajarkan anak bagaimana bersyukur dalam hidup yang berkecukupan

Sesering mungkin ajak anak jalan keluar dan biasanya dia akan mengamati keadaan sekitar dengan sendirinya dan dia akan sering bertanya kepada orang tuanya itu apa? ini apa ? itu kenapa ? ini kenapa ? kok bisa ? . Nah biasanya banyak orang jadi pengemis di jalan atau anak-anak kecil seumuran dia yang mengamen, Jelaskan padanya kenapa ada pengemis dan anak anak kecil yang ngamen berkeluyuran di tengah jalan. Setelah ada penjelasan mungkin dia punya sedikit rasa iba kepada mereka dan mungkin juga dia bisa jadi lebih bisa untuk mengatur uang.

3. Meski sedikit nominal uang, itu sangat berharga

Ini penting banget nih ,misalnya agan-sista ngasih uang jajan 10rb sehari, ajarkan anak untuk menyisihkan uang paling dikit 1rb untuk kumpulin buat di beliin sesuatu kesukaan anak , misalnya kalau cowok mobil, robot, dan lainnya, kalau cewek boneka. Bilang ke anak “kalau ade bisa nyisihkan uang 1rb perhari ade bisa beli mainan baru” biasanya dengan kata kata itu sang anak termotivasi gan-sis

Mendidik anak itu memang gampang-gampang susah, setidaknya kita sebagai orang tua sudah mengajarkannya mana hal baik dan buruk dengan semaksimal mungkin 🙂 semoga berhasil kalian para orang tua 😉

 

Cara Cara Lainya:

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Cara Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini"