Cara Menanam Sendiri Daun Prei di Rumah, Daun prei  dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Leeks atau bawang Prei. Bahkan umumnya daun prei disebut juga dengan ‘daun bawang’ walaupun sebenarnya daun prei bukanlah daun bawang. Sedangkan daun bawang (Spring Onion atau Scallion) merupakan bagian daun bawang yang dipetik di usia dini sebelum umbi bawangnya terbentuk dengan sempurna. Istilah daun bawang sesungguhnya merupakan istilah umum dari spesies tanaman yang berbeda. Dalam seni kuliner Indonesia, daun Prei atau daun bawang biasanya ditemukan dalam olahan-olahan seperti martabak telur, sup, maupun sebagai taburan pada beberapa jenis masakan seperti soto.

poto Cara Menanam Sendiri Daun Prei di Rumah

Biasanya kita memberi seikat daun Prei di pasar atau supermarket. Namun, tahukah anda bahwa dengan sedikit meluangkan waktu saja anda bisa menanam daun Prei 

sendiri di sekitar rumah anda. Apalagi bila di rumah anda terdapat lahan yang bisa dimanfaatkan untuk berkebun. Bahkan, meskipun tidak memiliki lahan tanah sendiri, anda masih bisa memanfaatkan pot-pot tanaman untuk menanam daun Prei 

tanpa menghambat pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Baca Juga  Cara ternak lovebird dan cara membudidayakan nya

Syarat tumbuh daun Prei

Untuk menanam sendiri daun Prei di rumah sebenarnya tidak membutuhkan suatu persyaratan khusus. Yang penting ada media tanam dan tanahnya subur. Untuk media tanam, anda bisa menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang. Sedangkan untuk penanamannya sendiri, sekedar tips bahwa anda bisa memilih waktu tanam sore hari sebagai waktu yang tepat. Hal ini dimaksudkan agar tanaman memiliki waktu yang cukup panjang guna memperkuat dirinya dalam menghadapi paparan cahaya matahari di siang hari.

Langkah-langkah penanaman daun Prei

Untuk langkah-langkah penanaman daun Prei sebenarnya cukup mudah. Berikut tahapan yang perlu anda cermati:

  • Yang pertama, pilihlah sebatang daun Prei dengan ukuran paling besar serta memiliki warna daun yang paling hijau.
  • Kemudian perhatikan bagian pangkal daun Prei tersebut, jika anda mengamati adanya akar, meskipun hanya sedikit, maka inilah batang Prei yang cocok untuk ditanam.
  • Buang atau potong bagian daun Prei yang sekiranya berwarna kuning / telah menguning.
  • Selanjutnya, siapkan lubang tanam (bisa pada lahan tanah atau pot berisi tanah) sedalam kira-kira 7-15 cm (ini tergantung panjang dan besar daun Prei yang anda pilih), lalu masukkan air dilanjutkan dengan tanaman yang sudah disiapkan, baru tutup kembali dengan tanah. Tekan-tekan tanah di sekitar lubang tanam sampai agak memadat dan tidak gembur.
  • Bila perlu, berilah ajir di dekat tanaman dan ikatlah tanaman di ajir tersebut jika anda khawatir bila tanaman akan roboh sewaktu-waktu.
  • Siramlah tanaman setiap sore hari secara teratur.
Baca Juga  Panduan Cara Mudah Budidaya Karet

Waktu panen daun Prei

Beberapa hari sesudah penanaman, maka anda akan melihat daun-daun tanaman daun Prei jadi menguning, layu hingga kemudian berguguran. Hal ini selanjutnya akan disusul dengan bermunculannya pucuk-pucuk daun dan tunas-tunas yang baru. Setelah kira-kira 1 atau 2 bulan berselang, maka jumlah batang daun Prei akan terlihat bertambah beberapa. Pada saat inilah anda dapat mencabut batang-batang tersebut guna dikonsumsi sebagai bahan masakan maupun untuk diperbanyak lagi.

Memperbanyak daun Prei

Selain langsung dikonsumsi, anda juga bisa melakukan perbanyakan daun Prei dengan menanamnya kembali. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, cabutlah daun Prei dari lokasi tumbuhnya, lalu pisahkan tiap-tiap batangnya dengan cara mematahkan sambungan batang yang terdapat di pusat akarnya.
  • Lalu pisahkan daun Prei dari gerombolannya semula.
  • Ambillah beberapa patahan batang bila hendak memperbanyak lebih dari satu tanaman.
  • Selanjutnya buatlah beberapa lubang pada media tanam (bisa tanah atau pot berisi tanah), jangan lupa isi air, lalu tanam kembali batang daun Prei tadi.
  • Sesudah 1-2 bulan, maka tanaman daun Prei yang anda tanam tadi akan berlipat-lipat jumlahnya.
  • Satu hal yang perlu anda ketahui pada perbanyakan tanaman daun Prei, sebenarnya walaupun tanaman batang-batangnya tidak dipisah, tunas daun Prei tetap akan terus tumbuh. Hanya saja, tiap batangnya berukuran kecil-kecil.
Baca Juga  Panduan Cara Mudah Budidaya Gaharu Dengan Baik

 

Demikianlah penjelasan ringkas seputar langkah menanam daun Prei 

sendiri di lingkungan rumah, maka anda tidak perlu repot membelinya ke pasar atau supermarket bila sewaktu-waktu membutuhkannya. Selamat mencoba.

gkah-langkah mudah menanam sendiri daun Prei di rumah kita. Cukup mudah bukan? Tidak ada salahnya untuk anda coba. Dengan